Sebagai badan usaha yang bergerak di sektor ketenagalistrikan, tentunya PT. Galleon Cahaya Investama harus mempunyai sertifikat badan layak usaha. Sama halnya dengan perusahaan, para teknisinya juga harus memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh asosiasi ataupun lembaga terkait, sebagai standarisasi dan legalitas kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan.

Terkait dengan hal ini, Galleon secara konsisten men-support dan mendorong perkembangan setiap SDM yang ada di perusahaan. Selaras dengan nilai yang dipegang Galleon untuk terus bertumbuh, semua karyawan diberi kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya, baik itu dengan mengikuti seminar, trainning, pelatihan maupun sertifikasi.

Baru-baru ini, seorang Teknisi Galleon mengikuti Sertifikasi Kompetensi (Serkom) yang diadakan oleh Asosiasi Profesionalis Elektrikal-Mekanikal Indonesia (APEI) DKI Jakarta. Sub bidang yang diambil adalah di Level 3 yaitu Pelaksana Utama Pembangunan dan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kompetensi inti pembangunan dan pemasangan transformator. Untuk kompetensi pilihan, ada 2 pilihan yang diambil, yaitu dalam bidang pembangunan dan pemasangan switch gear untuk high voltage dan low voltage serta pembangunan dan pemasangan transformator.

Sertifikasi kompetensi ini berlangsung selama 3 hari, terhitung dari tanggal 14-16 Juli 2020 secara online melalui Zoom Meeting. Serkom diawali dengan pembukaan dan ujian tertulis terkait bidang yang diambil, dilanjutkan hari kedua dengan observasi langsung ke tempat yang berhubungan dengan kegiatan PLTU. Pada hari ketiga diadakan wawancara dan tanya jawab dari tim penguji terkait pengetahuan dibidang PLTU dan hasil dari observasi sudah dilakukan, serta penutupan dan penandatanganan Pakta Integritas.

Manfaat yang didapat dengan mengikuti Serkom ini adalah untuk meningkatkan mutu dan kualitas kerja, sebagai legalitas bagi  pekerja dan perusahaan, dan agar mampu memberi pelayanan yang lebih kepada customer, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Semoga dengan adanya sertifikasi kompetensi ini, tenaga teknik Galleon mendapat pengalaman dan pengetahuan lebih untuk semakin meningkatkan kemampuan dan kinerja dalam bidang kelistrikan.

SERTIFIKASI KOMPETENSISERTIFIKASI KOMPETENSI