Panel Kapasitor Bank adalah sebuah panel yang terdiri dari beberapa unit capasitor yang dipasang secara seri atau pararel. Panel kapasitor bank dapat digunakan di industrial/pabrik, perkantoran, apartement dan building lainnya.

Fungsi dari kapasitor bank adalah memperkecil daya reaktif. Perlu diketahui bahwa daya PLN ada dua jenis, yaitu daya aktif dan daya reaktif. Daya aktif adalah daya yang terlihat, sedangkan daya  reaktif adalah daya yang tidak terlihat. Dalam segitiga daya ada yang namanya sudut phasa atau cos phi (cos j). Nah, fungsi dari  kapasitor bank adalah untuk memperkecil sudut phasa/cos phi dan memperbaiki faktor daya agar tidak berada dibawah standar cos phi PLN.

Standar cos phi PLN berada di angka 0.85. Jika kurang dari standar tersebut, maka kita akan dikenakan denda KVAr (KVArh). Untuk menghindari hal tersebut, kita harus memperbaiki cos phinya dengan menggunakan panel kapasitor bank. Jika kita menggunakan panel kapasitor bank, maka cos phi atau faktor daya akan berada di angka 0.95-0.99, dan dengan demikian kita bisa menghindari denda KVAr (KVArh) dari PLN.

Untuk komponen panel kapasitor bank bisa bermacam-macam, tergantung permintaan customer dan biasanya bergantung juga pada penggunaan kapasitor bank nantinya. Komponen pengaman utama atau pemutus arus bisa menggunakan Load Breaker Switch (LBS) dan Circuit Breaker (CB) seperti ACB dan MCCB. Komponen lainnya ada MCB, Fuse, dan Modul Power Factor.

Indikator apa yang menentukan bahwa kita perlu menggunakan panel kapasitor bank? Indikatornya adalah jika ada tagihan KVArh, maka bisa dipastikan bahwa kita perlu menggunakan panel kapasitor bank.

Untuk mengenal lebih jauh tentang panel kapasitor bank, yuk simak bincang-bincang singkat tim GCI di chanel Youtube kami : https://www.youtube.com/watch?v=Cuhl7tUO44A&t=14s

SALAM SOBAT LISTRIK!