Setelah sebelumnya Tim GCI membahas tentang Panel Capacitor Bank, kali ini Tim GCI kembali hadir untuk membahas Panel ATS-AMF.

Panel ATS dan AMF termasuk bagian dari Panel Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP). Panel Automatic Transfer Swicth (ATS) adalah panel yang berfungsi untuk memindahkan sumber listrik secara otomatis. Sedangkan Panel Automatic Main Failure (AMF) adalah panel yang berfungsi untuk mengontrol sistem on atau off pada mesin generator dengan otomatis.

Secara fungsi, panel ATS-AMF ini sangat efisien dan berguna jika digunakan di pabrik atau gedung bertingkat. Mengapa bisa disebut efisien dan berguna ?

Bayangkan saja jika gedung atau pabrik kita tiba-tiba mengalami pemadaman listrik dan  kita tidak menggunakan Panel ATS dan AMF. Apa yang terjadi? Tentu saja akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghidupkan genset secara manual, terlebih jika jarak antara sumber utama listrik atau genset berada jauh dari posisi kita. Jika genset dioperasikan secara manual, maka diantara waktu untuk menyalakan genset, ada waktu yang terbuang percuma.

Hal yang berbeda jika kita menggunakan Panel ATS-AMF. Mengapa? Karena jika sumber listrik utama mati, maka secara otomatis panel ATS ini akan memindahkan sistem dari PLN ke Genset. Ketika Panel ATS memberi sinyal atau memindahkan sistem dari PLN ke Genset, maka Panel AMF lah yang  berfungsi untuk memancing atau mentrigger Genset agar menyala (dan mati, jika sumber utama sudah menyala). Jadi, bisa dikatakan bahwa Panel ATS dan AMF adalah satu paket.

Sebenarnya bisa saja Panel ATS dan AMF digunakan secara terpisah, tapi akan lebih bagus jika digunakan bersama, karena keuntungannya adalah lebih efisien dan efektif, bisa melakukan perpindahan dan maintenance genset (warming up)  secara otomatis dan yang pasti sangat membantu dalam meringankan tugas teknisi atau operator mesin.

Begitulah sekilas pembahasan tentang Panel ATS dan AMF. Bagaimana dengan bangunan anda ? Apakah sudah menggunakan Sistem Kelistrikan yang tepat ?

Pembahasan selengkapnya tentang panel ATS-AMF dapat mengunjungi https://www.youtube.com/watch?v=ZVpL5BaGjOI